Begini Jalan Terjal Italia Menuju Piala Dunia Rusia

buffon

TOPMETRO.NEWS – Italia, memang tim bertabur bintang. Namun ternyata tidak lalu membuat Italia mudah lolos ke putaran Piala Dunia yang akan dihelat tahun depan di Rusia. Berada di Grup kualifikasi penyisihan Zona Eropa, Italia ternyata kalah dari Spanyol.

Buktinya jika Spanyol sudah memastikan lolos ke Rusia, namun Italia harus melalui jalan terjal agar bisa tiba di Rusia.

Hingga laga kesembilan, Italia masih berada di posisi kedua Grup G dengan nilai 20. Berbeda lima dari pemuncak klasemen yang telah mengemas 25 poin sehingga tidak terkejar lagi oleh Italia, Albania, Israel dan Makedonia.

Dari sembilan laga yang sudah dilakoni tim negeri pizza itu, hanya menang enam kali, seri dua kali dan kalah sekali.

Mirisnya ketika Buffon Cs hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Makedonia tim paling lemah di Grup G. Hasil imbang ini membuat Gli Azzurri dipastikan harus berjuang lolos lewat jalur play-off.

Pada laga digelar di Stadio Olimpico Turin, Sabtu (7/10) dini hari sebetulnya Italia mampu unggul terlebih dahulu atas tamunya lewat gol Chiellini pada menit ke-40. Namun secara gemilang, Makedonia mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-77 lewat gol Trajkovski.

Wajib menang membuat Italia sejak menit awal langsung menebar ancaman ke gawang tim tamu. Lorenzo Insigne mampu menembus lini belakang Makedonia, namun percobaan pertamanya di laga ini berhasil dimentahkan oleh kiper Stole Dimitrievski.

Meski menguasai penuh pertandingan, namun usaha pasukan Giampiero Ventura selalu mentok akibat ketatnya pertahanan Makedonia. Italia yang mengandalkan Simone Verdi dan Insigne dari kedua sayap namun tidak mampu menaklukkan pemain-pemain bertahan Makedona.

Italia baru mampu memecah kebuntuan menit ke-40. Giorgio Chiellini mampu menuntaskan umpan silang Ciro Immobile.

Ingin menambah gol, pada babak kedua Italia melakukan rotasi. Bek veteran Juventus Andrea Barzagli digantikan oleh Daniele Rugani. Namun tetap saja tuan rumah tidak mampu menjebol gawang Makedonia, Bahkan Italia mulai tanpa frustasi.

Justru Makedonia perlahan mampu mengembangkan permainan dan penguasaan bola mereka meningkat. Gigihnya pemain-pemain Makedonia berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa Italia berhadapan dengan mimpi buruk. Melalui serangan balik cepat, striker Palermo, Aleksandar Trajkovski berhasil membelah pertahanan Italia selepas menerima terobosan Goran Pandev dan sukses memperdaya Gianluigi Buffon.

10 menit akhir permainan pun berusaha dioptimalkan Italia untuk mencari gol kemenangan. Namun segala upaya yang dilancarkan Federico Bernardeschi yang baru masuk di pertengahan babak kedua dan rekan-rekannya tak berhasil mengubah keadaan dan Italia harus puas dengan hasil imbang.(tmn)

 

Related posts

Leave a Comment